Rabu, 07 Desember 2011

Rahasia tidur berkualitas


Berikut adalah tips-tips agar tidur menjadi lebih nyaman dan nyenyak:
1.       Relaksasi kepala dan wajah
Sakit kepala mungkin disebabkan oleh banyak hal, seperti kegelisahan, gangguan sinus, atau penggunaan komputer secara berlebihan yang dapat sangat mengganggu tidur, teknik pijat yang dapat menghilangkan ketegangan dan membuat tubuh santai.
a)      Buat gerakan melingkar kecil menggunakan empat jari mulai dari kening ke bawah, melewati pelipis dan kedua pipi. Usapkan minyak almond atau biji anggur di telapak tangan untuk melancarkan gerakan. Pijat secara perlahan untuk meredakan keregangan seluruh otot wajah.
b)      Tekan sekeliling mata secara perlahan, mulai dari dekat hidung. Ikuti lekukan rongga mata dibawah tulang alis, kemudian bergerakanlah ke arah luar menuju tulang pipi, menuju garis dagu. Usapkan kedua tangan dibawah tulang pipi sambil mengurangi tekanan kedua sisi wajah.
c)       Tarik kedua tangan dengan lembut ke atas pipi sampai pelipis. Lenturkan tangan anda dan usapkan telapak tangan mulai dari pelipis sampai kulit kepala, kemudian menjauhi kepala.
2.       Mengurangi ketegangan leher
Bila anda merasa lelah, pegal, otot-otot leher dan bahu tegang sehingga sulit untuk berbaring dengan nyaman, gunakan teknik-teknik pijat diri ini untuk menemukan sumber sakit dan mendapatkan kelegaan dengan cepat.
a)      Mulailah dengan mengangkat bahu anda dan melemaskannya kembali beberapa kali. Cengkeram bahu kiri dengan tangan kanan dan buat gerakan meremas untuk mengurangi ketegangan. Ulangi gerakan pada sisi bahu lainnya. Gerakan memijat ini akan membuang zat tak berguna dari otot yang lelah dan memasukkan darah beroksigen yang segar kembali ke dalamnya.
b)      Dengan semua jari tangan, pegang bagian belakang leher dan pijatlah dengan gerakan memutar untuk mengendurkan otot di sepanjang sisi leher. Geser pijatan ke bagian pangkal tengkorak dan turun lagi menuju bahu.
c)       Gerakkan kedua ibu jari dengan gaya memutar sepanjang leher sampai bagian pangkal tengkorak. Pijatlah dengan tenanga secukupnya sehinggga anda dapat merasakan tulang anda. Istirahatlah sejenak sebelum berdiri dan beraktivitas kembali.
selamat mencoba... semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar